Lantamal XII Pontianak Terima Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal TA 2021


PONTIANAk, SP – Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, beserta Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si.(Han), serta Para Asisten, Ka. Kuwil, Dansatrol, Kadis, Kasatker Lantamal XII, Danlanal Ketapang serta Danyonmarhanlan XII Jaguar Khatulistiwa, mengikuti acara Pembacaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal Tahun 2021 Lantamal XII dan Jajarannya bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal XII Pontianak, Jl. Wajok Hilir KM. 17 Wajok Kab. Mempawah Kalimantan Barat, Senin (25/10/2021).

Pembacaan Taklimat Awal dipimpin langsung oleh Iropslat Itjenal Laksamana Pertama TNI Dr.Syahbudi, S.E., M.A.P., selaku Pengendali Teknis mewakili Irjenal Kasal Laksamana Muda TNI Sunaryo, CFRA.. serta Tim Itjenal antara lain, Kolonel Laut (S) DR. Heri Setiyo Nugroho (Katim), Letkol Laut (S) Sapto Raharjo (Sektim), Kolonel Laut (P) Horas Wijaya , Letkol Laut (PM) Harianto, S.H., M.H., Letkol Laut (KH) Budi Murdhatmo, M.Pd., dan Letkol Laut (S) Tri Sasono, serta Serka Adhi Waroka (Operator).

Dalam sambutannya Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, ucapkan selamat datang kepada Tim Audit Itjenal di Mako Lantamal XII, kemudian memperkenalkan Pejabat Utama Lantamal XII.

Selanjutnya Komandan Lantamal XII menyampaikan bahwa Audit Itjenal merupakan kegiatan rutin tahunan yang berfungsi melakukan pengawasan melalui kewenangannya. Selain itu berharap Tim Audit Kinerja Itjenal dapat menemukan permasalahan maupun kendala dalam pelaksanaan program kerja di lingkungan Lantamal XII agar bisa diupayakan solusi terbaik dalam pemecahan permasalahannya.

Komandan Lantamal XII juga memberikan penekanan, agar dapat melayani dengan baik Tim Itjenal selama bergiat di Lantamal XII, dan menyiapkan seluruh data yang diminta semaksimal mungkin, serta konsultasikan apabila ada kendala sampai dengan ada solusi.

Sedangkan Iropslat selaku Pengendali Teknis, dalam membacakan Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal Tahun 2021 Lantamal XII sekaligus pembukaan secara Resmi menyampaikan bahwa Kegiatan Audit Kinerja Itjenal Tahun 2021 dilaksanakan berdasarkan Telegram Kasal No STR 77 Tahun 2020 tanggal 18 Desember 2020, tentang program kerja pengawasan tahunan. Pelaksanaan audit dilaksanakan mulai tanggal 25 Oktober s.d. 09 November 202.

Tujuan dilaksanakan audit kinerja di lingkungan Lantamal XII, untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan guna memberikan keyakinan memadai sehingga tugas pokok Lantamal XII dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efisien dan ekonomis.

Sasaran Tim Audit Kinerja Lantamal XII akan difokuskan terhadap Evaluasi program kerja dan anggaran tahun 2020 s.d. TW. III TA. 2021, serta Kesiapan Mako dan Lanal atas ketersediaan Sarpras dan Paswatpers.
Selain itu proses dan tindak lanjut dokumen kontrak pengadaan barang dan jasa, Keberadaan Satrol dan Spotmar, Pembinaan Operasi dan Latihan, Pengelolaan Simak BMN, Hibah dan Perjanjian Kerja Sama, Pemanfaatan Aset, serta Impelementasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Dalam Kesempatan ini Iropslat selaku Pengendali Teknis, menyampaikan beberapa penekanan dari Irjenal antara lain Dukung dan Pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan keuangan buku Kemhan TNI dengan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran maupun BMN yang baik dan benar sehingga diperoleh output dan outkam yang tepat. Cegah potensi penyalahgunaan wewenang dan jabatan, dan meningkatkan kegiatan berbasis manajemen resiko dalam rangka reformasi birokrasi di jajaran TNI AL.

Serta tingkatkan system pengendalian internal terhadap pengelolaan anggaran yang tertuang dalam pelaksanaan isian anggaran atau Dipa oleh para pejabat Perbendahara mulai dari kuasa Pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, Pejabat penandatanganan surat perintah pembayaran dan bendahara pengeluaran serta Kasatker di seluruh lingkungan TNI AL

Kemudian tindaklanjuti seluruh rekomendasi hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Kemhan TNI, dan hindari terjadinya penyalahgunaan mulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, serta pertanggungjawaban dan pelaporan, Demikian ujar Iropslat mengakhiri sambutannya. (*)

Source link


Like it? Share with your friends!