8 Manfaat Peregangan Menurut Ahli, Kurangi Stres hingga Kualitas Tidur


Selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH) kurangnya tubuh bergerak bisa menyebabkan pegal-pegal. Salah satu cara untuk mengurangi dampak terlalu sering duduk di depan layar adalah peregangan atau stretching.

Stretching atau peregangan adalah gerakan pemanasan tubuh yang sangat penting dilakukan di sela-sela rutinitas harian.

Beberapa manfaat peregangan di antaranya dapat menghilangkan stres hingga tidur yang lebih nyenyak.

Baca juga: 8 Cara Peregangan untuk Mencegah Jari Tangan Kaku dan Nyeri Selama WFH

Dilansir dari Live Science, Sabtu (23/10/2021) para ahli menyebut ada 8 manfaat stretching. Berikut daftarnya:

1. Mengurangi stres

Saat sedang stres, tidak hanya detak jantung yang meningkat tetapi tubuh cenderung akan mengencangkan otot-otot. Gerakan peregangan dapat membantu mengendurkan otot yang tegang.

“Peregangan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang sekaligus juga meluangkan waktu untuk fokus pada tubuh Anda secara perlahan,” ujar personal trainer Cristina Chan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat stretching selanjutnya adalah memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh saat kita duduk atau berdiri dapat memengaruhi saraf, aliran darah, maupun otot.

Instruktur pilates di FLY LDN Emma White merekomendasikan untuk melakukan peregangan depan serta peregangan belakang agar mengembalikan tulang belakang ke posisi tegak.

Cara ini juga dapat meningkatkan dan mempertahankan postur secara optimal.

3. Mempertahankan fleksibilitas

Melakukan peregangan secara rutin dapat membantu menjaga otot tetap lentur.

“Peregangan membuat otot tetap lentur, kuat, dan sehat. Kita membutuhkan kelenturan itu untuk mempertahankan rentang gerak pada persendian,” ungkap Natalie Simmonds, seorang mantan penari profesional.

Tanpa stretching, otot akan memendek dan menjadi kencang. Kemudian, otot-otot akan melemah dan tidak dapat memanjang selama beraktivitas fisik.

4. Menenangkan pikiran

Simmonds menuturkan, penelitian telah menunjukkan bahwa peregangan statis mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yaitu saraf yang mengontrol homeostasis dan tubuh saat istirahat serta bertanggung jawab atas fungsi ‘istirahat dan cerna’ di tubuh.

Stretching dapat menenangkan pikiran dan membantu tubuh tetap rileks.

5. Meringankan sakit punggung

Jika Anda menderita sakit punggung yang diakibatkan terlalu banyak berolahraga, posisi tidur yang kurang baik, atau sering mengalami kesemutan, peregangan dapat membantu meringankannya.

Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendurkan ketegangan pada otot dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Lakukan peregangan dinamis seperti ‘cat-cow‘ atau ‘thread-the-needle‘.

Jenis peregangan ini dapat membantu memobilisasi tulang belakang secara perlahan dan meregangkan otot-otot sekelilingnya.

6. Mencegah cedera

Cedera bisa berlangsung cukup lama tergantung tingkat keparahannya. Peregangan adalah hal yang penting dilakukan untuk memastikan ini tidak terjadi.

“Peregangan meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otot dan sendi, memungkinkan lebih banyak transportasi nutrisi, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh,” ujar Chan.

Melakukan peregangan membantu proses pemulihan cedera, serta menghilangkan rasa sakit atau nyeri setelah olahraga.

7. Meregangkan otot sebelum berolahraga

Selain pencegahan cedera, manfaat peregangan adalah untuk meregangkan otot yang tegang sebelum berolahraga.

“Peregangan dinamis meningkatkan aliran darah ke otot dan merupakan cara yang bagus untuk mempersiapkan tubuh untuk latihan yang lebih intensif seperti berlari atau bersepeda,” jelas White.

Meregangkan otot-otot dapat meningkatkan mobilitas sendi, sehingga memaksimalkan potensi otot untuk menghasilkan kekuatan maksimal.

Di sisi lain, berlari dan bersepeda terdiri dari banyak pola gerakan berulang, menyebabkan otot fleksor pinggul terlalu sering digunakan. kemudian menjadi tegang.

Melakukan peregangan statis setelah berolahraga dapat membantu memulihkan ketidakseimbangan otot.

Baca juga: Studi Ungkap Peregangan Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

8. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Semakin banyak kita tidur, maka semakin kita merasa berenergi dan fokus.

Tetapi, banyak orang yang merasa sulit untuk tidur nyenyak. Melakukan stretching sebelum tidur dapat meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik dengan mengurangi stimulasi mental.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source link


Like it? Share with your friends!